background img

The New Stuff

DEMOGRAFI DESA LUMBANG REJO

DEMOGRAFI
DESA LUMBANG REJO
Nama Kelurahan/Desa                       : Lumbangrejo
Kode Wilayah Kelurahan/Desa           : 35.14.10.2010
Nama Kecamatan                               : Prigen
Kabupaten/Kota                                  : Kabupaten
Nama Kabupaten/Kota                       : Pasuruan (salah satu kabupaten yang berada dalam jalur strategis penghubung dari kota besar Surabaya menuju Malang, ataupun Surabaya menuju Jember atau Banyuwangi).
Propinsi                                               : Jawa Timur
Coordinates                                         :7°40'44"S   112°37'56"E
Desa Lumbang Rejo, termasuk BWK B (Bagian Wilayah Kawasan B di Kecamatan Prigen) bersama dengan Kelurahan Prigen, Kelurahan Pecalukan, Desa Lumbang Rejo, Kelurahan Leduk. Kawasan Desa Lumbang Rejo terbentuk oleh batuan breksi vulkanik lepas-lepas dengan fragmen buruk dan sangat porus. dengan kondisi geologi demikian, air tanah lebih mudah mengalir serta menghasilkan rembesan air ke permukaan tanah tertentu. Wilayah desa ini dilalui banyak alur sungai yang berkelok-kelok.
Desa Lumbang Rejo terletak pada ketinggian 500-1000 M diatas permukaan laut. Medan dengan elevasi diatas 500 M ditandai dengan lembah berbentuk V dengan tebing yang curam, lembah berbentuk U, dan terdapat patahan. Temperatur udaranya dingin, curah hujan rata-rata pertahun 2000-3000 mm. Masih ada daerah yang tidak terbangun berupa sawah, tegalan, kebun rakyat, dan pangonan yang terletak di tepi-tepi kawasan pemukiman. Sehingga kualitas udara masih sangat baik dan belum tercemar. Karena kondisi itulah masyarakat di desa 50% masih bekerja sebagai petani, sisanya ada yang bekerja sebagai guru, pegawai, pedagang, dll.
Desa Lumbang Rejo terdiri dari 4 dusun yaitu dusun Lumbang Boro, dusun Senthong, dusun Lumbang Rejo , dan dusun Gajarjo.  Letak wilayah Desa Lumbang Rejo ke arah Barat berbatasan dengan Desa Prigen, ke arah Timur berbatasan dengan Desa Sumberejo, ke arah Utara berbatasan dengan Gunung Welirang , ke arah Selatan berbatasan dengan Desa Sentong. Jarak Desa Lumbang Rejo ke Kecamatan Prigen adalah sekitar 1 Km. Yang bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor, mobil, sepeda    (tidak disarankan karena ada tanjakan curam) dan juga jalan kaki.
Desa Lumbang Rejo ada beberapa sekolah. Dan juga ada tempat pembelajaran al – Qur’an. Karena itulah pengaruh agama masih sangat kental dalam diri individu masyarakatnya. Pendidikan rata-rata masyarakatnya yaitu SMP atau sederajat. 
Ada Kesenian yang sampai saat ini masih dilestarikan di Desa Lumbang Rejo yaitu  "Bantengan", yang diharapkan dapat diakui oleh Pemprov Jatim sebagai salah satu kesenian konservasi. Pasalnya, seni banteng yang berlangsung bertahun-tahun tersebut penuh dengan nilai kebudayaan yang tinggi, di samping selalu dirawat dan dipertahankan sebagai budaya khas masyarakat.
Pernah juga terjadi peristiwa besar yang mendapat perhatian khusus dari masyarakat yaitu kecelakaan yang menimpa Sebuah minibus yang sedang mengangkut 15 penumpang terjun bebas ke sebuah jurang di kawasan ampel di Desa Lumbangrejo pada Minggu tanggal 15 Maret, dan akhirnya melukai 10 penumpang dan enam di antaranya luka parah.



2 komentar: Leave Your Comments

  1. makasih mbk atas info izin copas

    BalasHapus
  2. PENULISAN NAMA DUSUN, JUMLAH DUSUN ...SEMUA SALAH ...SUMBER DATA DARI MANA MBAK ...KOG NGAWUR.....KONFIRMASI DULU... SEBELUM DISAMPAIKAN KE PUBLIK.....

    BalasHapus

Jam Ku

Total Tayangan Halaman

Popular Posts